Apa perbedaan antara Scopus dan ScienceDirect?

ScienceDirect dan Scopus adalah database literatur ilmiah akses langganan yang dimiliki oleh penerbit Elsevier, tetapi ScienceDirect menghosting teks lengkap konten Elsevier sedangkan Scopus menyertakan abstrak dan statistik kutipan tentang konten Elsevier dan non-Elsevier.

ScienceDirect diluncurkan pada tahun 1997 dan memberikan akses online ke ~3.800 jurnal dan ~37.000 judul buku. Abstrak, meta-data dan gambar mini biasanya tersedia secara gratis sedangkan membaca teks lengkap memerlukan langganan (biasanya melalui perpustakaan atau institusi), meskipun beberapa konten adalah Akses Terbuka.[1]

Scopus diluncurkan pada tahun 2004 sebagai database abstrak dan kutipan, pesaing Web of Science (sebelumnya dimiliki oleh Thomson Reuters, sekarang Clarivate). Ini secara selektif mengindeks jurnal, buku, dan prosiding konferensi yang ditinjau sejawat. Ini menyediakan statistik kutipan, baik untuk item individual seperti artikel jurnal dan untuk jurnal itu sendiri (CiteScore, SNIP, dan SJR, masing-masing merupakan alternatif untuk Faktor Dampak Jurnal). [2]

Catatan:

[1] Telusuri judul dalam jurnal dan konten buku
[2] Metrik Jurnal – Scopus.com

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment