Bagaimana jurnal akademik dibuat?

Ini lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Tidak ada lisensi atau komplikasi. Anda pergi ke penerbit, dan mengusulkan jurnal.

Sage (penerbit tradisional memiliki formulir di sini: SAGE – rumah alami bagi penulis, editor, dan masyarakat – Journal Gateway

Biomedcentral (penerbit akses terbuka) memiliki formulir di sini: Jurnal akses terbuka independen

Anda harus meyakinkan penerbit bahwa Anda dapat melakukan ini, dan penerbit akan menghasilkan uang. Anda memerlukan dewan redaksi, dan semacam bukti bahwa ada orang yang akan menulis makalah untuk jurnal tersebut dan orang yang ingin membaca dan (dalam kasus penerbit konvensional) membayar jurnal tersebut.

Umumnya, sebuah komunitas memiliki kebutuhan dan sekelompok orang di komunitas itu (mungkin dengan dukungan penerbit) menentukan bahwa sebuah jurnal diperlukan dan berpotensi layak, biasanya dengan mensurvei orang-orang di lapangan.

Satu kebutuhan telah ditetapkan, penerbit diidentifikasi dan proposal diajukan. Jika proposal diterima, editor dipilih, pernyataan tujuan jurnal dibuat, dewan editorial dipilih, dan jurnal diumumkan.

Anda mungkin tidak. Jurnal akademik adalah “teknologi kemarin”. Kebanyakan ilmuwan menyadari bahwa mereka sangat cacat, dan jika Anda ingin melakukan sesuatu yang baru, maka Anda perlu melakukan sesuatu yang baru.

Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah membuat situs web bagi orang-orang untuk mengunggah salinan pra-publikasi makalah astronomi dan fisika. Namun, itu sudah dilakukan dengan Server Preprints Los Alamos.

Jika Anda berada dalam biologi, maka Anda mengalami banyak masalah politik. Masalahnya adalah bahwa jurnal-jurnal besar dimiliki oleh perusahaan-perusahaan nirlaba yang menghasilkan banyak uang dari mereka. Hampir semua orang ingin melewati sistem, tetapi kemudian yang terjadi adalah perekrutan dan promosi didasarkan pada publikasi di jurnal yang tepat, jadi ada sesuatu yang sulit dan masalah ayam dan telur. Semua orang menginginkan jurnal alternatif, tetapi kecuali sampai jurnal tersebut ada sehingga orang dapat menggunakannya untuk perekrutan dan promosi, maka sulit untuk memulainya.

Sebagian besar Jurnal Akademik dibuat oleh perkumpulan Profesional yang mapan atau oleh penerbit yang mapan dan bereputasi baik.

Misalnya, di EE dan CS, dewan direksi IEEE atau ACM dapat menyetujui Jurnal baru berdasarkan umpan balik dari anggota atau Perhimpunan mereka.

Dalam kebanyakan kasus, sebuah jurnal dimulai terlebih dahulu sebagai output dari lokakarya yang terorganisir. Kemudian, diterbitkan setiap kuartal, kemudian dua bulanan, dan akhirnya, bahkan bulanan.

Yang paling penting adalah reputasi proses peer-review, yang mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dibangun, tetapi sangat mudah untuk dibuang dan dihancurkan.

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment