Apakah Editor jurnal akademik dibayar untuk layanan mereka?

Penerbitan akademik adalah bisnis yang agak aneh. Kebanyakan orang yang bertanggung jawab atas kualitas, para pengulas, tidak menerima apa-apa, mereka biasanya tidak disebutkan namanya sama sekali. Mereka sebagian besar dibayar oleh universitas. Editor juga sebagian besar dipekerjakan oleh organisasi penelitian yang membayar sebagian besar waktu kerja yang dihabiskan untuk jurnal. Hanya staf yang dipekerjakan oleh penerbit yang dibayar penuh sebagai pekerja. Tetapi dibayar penuh tidak berarti bahwa mereka menerima gaji AS atau Australia. Banyak yang bekerja di India. Saya tidak tahu bagaimana mereka dibayar. Dan masalah cetak kebanyakan tidak pernah melihat negara asal. Sebagian besar dari mereka dibayar oleh universitas di seluruh dunia yang membayar pembuat jurnal.

Meskipun ini adalah praktik dengan jurnal “normal”, daftar jurnal predator sangat panjang. Mereka bahkan mungkin mempekerjakan editor palsu. Yang terburuk adalah jurnal yang dibajak. Di sana, mereka mungkin meminta Anda membayar untuk menyebut diri Anda seorang editor. Ambiguitas umum dari nama penulis – tebak berapa banyak orang Korea yang bernama Kim, dan berapa banyak Cina Wang, Li dan Zhang – membantu mereka melakukan salah satu kejahatan paling aman bagi para penjahat, yaitu mengeksploitasi kebiasaan dan aturan akademik. Orang dengan tiga nama Tionghoa saja melebihi jumlah penduduk Indonesia.

Skema baru yang inovatif yang diluncurkan pada Oktober 2012 dapat menandakan berakhirnya kekhawatiran atas ambiguitas penulis.

Akademisi, peneliti, dan kontributor dapat mendaftar untuk mendapatkan ID unik dengan ORCID (repositori Open Researcher and Contributor ID). Pengidentifikasi ini dapat digunakan oleh editor, lembaga pendanaan, penerbit, dan institusi untuk mengidentifikasi individu secara andal dengan cara yang sama seperti ISBN dan DOI mengidentifikasi buku dan artikel. Nah, ini bukan akhir dari praktik kriminal, tetapi hanya bantuan. Karena sebagian besar editor juga penulis, Anda mungkin dapat mendeteksi apakah dia adalah orang yang Anda percayai.

Beberapa melakukannya, tetapi tidak semua. Dan pembayarannya kebanyakan bukan gaji. Ini adalah semacam (sebagian) kompensasi untuk waktu yang Anda habiskan. Tapi, jika Anda ingin mencari nafkah dengan pekerjaan itu, lebih baik menjual telur segar di pasar. Sosis juga bisa.

Ini bervariasi.

Kebanyakan jurnal memiliki berbagai orang yang berbeda mengisi peran editorial. Detailnya bervariasi menurut jurnal, tetapi mungkin termasuk, misalnya:

Seorang Pemimpin Redaksi, yang bertanggung jawab penuh atas arah jurnal.
Dua atau tiga Redaktur penuh, yang menugaskan manuskrip ke Associate Editor dan anggota Dewan Redaksi untuk ditangani, dan membuat keputusan akhir atas makalah yang diserahkan ke jurnal. Mereka juga cenderung menangani kertas secara langsung sendiri.
Selusin Editor Rekanan, yang menangani manuskrip, menemukan pengulas, membaca resensi dan menggunakannya untuk membuat atau merekomendasikan keputusan untuk menerima, merevisi, atau menolak setiap manuskrip.
Banyak lagi anggota Dewan Editorial, yang, tergantung pada jurnalnya, mungkin melakukan pekerjaan yang sama sebagai Editor Rekanan, tetapi untuk manuskrip yang lebih sedikit setiap tahun, atau mungkin hanya sering dipanggil dan pengulas tepercaya.
Kebanyakan orang yang saya kenal yang memiliki tanggung jawab editorial (Asosiasi Editor dan anggota Dewan Editorial) tidak dibayar sama sekali oleh penerbit, meskipun tentu saja, mereka menerima gaji dari universitas mereka atau majikan lain dan kadang-kadang diberikan cuti dari yang lain. tugas.

Pemimpin Redaksi, Redaktur dan (untuk beberapa jurnal) Associate Editor dapat menerima honorarium kecil antara beberapa ratus dolar dan puluhan ribu dolar per tahun, tergantung pada penerbit dan tingkat tanggung jawab editorial mereka. Pemimpin Redaksi jurnal terkemuka kemungkinan akan menerima honorarium yang lebih tinggi. Saya kenal salah satu Pemimpin Redaksi untuk jurnal khusus subjek terkemuka yang menerima, selain itu, dana untuk membayar asisten administrasi paruh waktu.

Editor untuk Nature and Science (saya dengar) adalah editor profesional penuh waktu dan dibayar dengan tarif profesional. Saya juga mendengar bahwa editor jurnal ilmu kedokteran umum untuk dibayar, dan ini mungkin juga berlaku di bidang studi lain.

Selain editor akademik (seringkali tidak dibayar) yang menangani proses peninjauan dan membuat keputusan menerima atau menolak, perusahaan penerbitan tetap mempekerjakan editor non-akademik berbayar untuk memeriksa kesalahan ketik dan referensi serta menangani pengaturan jenis makalah yang diterima.

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment