Bagaimana database pencarian akademik (seperti Scopus, Web of Science, Pubmed) berhubungan satu sama lain?

Mungkin membantu untuk memahami bahwa dalam satu kata mereka tidak berhubungan, dalam hal dukungan institusional. Web of Science atau Web of Knowledge pada awalnya merupakan produk sampingan dari penelitian pola kutipan dalam berbagai disiplin ilmu, seperti yang disiratkan oleh ‘Web’ dalam namanya. Intinya adalah database kutipan yang memungkinkan Faktor Dampak Jurnal saat ini ada di mana-mana. Sebagai kebetulan yang menyenangkan, ini adalah ujung depan pencarian yang efektif untuk makalah penelitian dari berbagai disiplin ilmu, di berbagai penerbit dan sebagainya. WoK mulai independen, dan dibeli beberapa tahun yang lalu oleh Thomson-Reuters, konglomerat media dan salah satu raksasa penerbitan.

PubMed pada gilirannya dimulai sebagai dan masih merupakan alat publik gratis untuk mencari penelitian khususnya dalam ilmu kehidupan dan penelitian bio-medis. Ini dikelola oleh Institut Kesehatan Nasional AS.

Kemudian baru-baru ini, karena WoK menjadi front-end pencarian standar industri de facto dan DB untuk makalah penelitian dan kesuksesan komersial yang gemilang, Elsevier mungkin ingin membasahi paruh mereka di pasar itu juga, dan mereka mengeluarkan Scopus. SCOPUS adalah layanan pengindeksan dan abstraksi untuk pencarian, dan DB detik kutipan.

Masing-masing memiliki pendukung institusional mereka sendiri dan sampai batas tertentu mereka bersaing. Itu sebabnya mereka memiliki tumpang tindih yang besar, karena mereka ingin menjadi mesin pencari masuk untuk audiens masing-masing. Namun, secara historis mereka telah dikembangkan untuk tujuan yang sedikit berbeda. Alasan mengapa mereka tidak lebih terkait adalah karena mereka muncul secara organik untuk berbagai kebutuhan, bukan sebagai upaya bersama untuk merancang portofolio alat penelitian yang optimal sekaligus.

Mengenai prosesnya, saya menggunakan dua yang pertama pada dasarnya berdampingan dengan Google Cendekia, karena semuanya memiliki konten yang sedikit berbeda.

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment