Jika indeks Scopus disponsori oleh Elsevier, lalu mengapa semua jurnal Elsevier tidak terindeks Scopus?

Sebelum Anda membaca jawabannya, Anda harus mengetahui hal-hal ini.

Elsevier adalah perusahaan penerbitan Belanda yang mengkhususkan diri dalam konten ilmiah, teknis, dan medis. Produk utama adalah

Jurnal populer seperti Cell atau The Lancet,
ScienceDirect – Kumpulan jurnal elektronik,
Scopus – Basis data kutipan online
ClinicalKey – Sebuah mesin pencari untuk dokter.
ScienceDirect adalah kumpulan dari 4.189 jurnal dan 29.698 buku. Elsevier menerbitkan lebih dari 470.000 artikel setiap tahun melalui jurnalnya. Ini secara eksklusif menyajikan informasi yang diterbitkan oleh Elsevier.

Scopus di sisi lain adalah database kutipan online dan memberikan rasa jaminan kualitas ke jurnal yang diindeks. Pencarian cepat mengungkapkan bahwa ada 38.060 hasil untuk jurnal terindeks Scopus (termasuk jurnal yang dihentikan). Dari 38.060 jurnal terindeks Scopus ini, 3.578 jurnal diterbitkan oleh Elsevier sendiri. Itu berarti 3.578 dari 4.189 jurnal yang diterbitkan Elsevier terindeks Scopus.

Artinya, setiap kali jurnal yang diterbitkan oleh Elsevier memenuhi persyaratan minimum yang diajukan oleh Scopus, maka jurnal tersebut akan terindeks. Scopus telah menetapkan beberapa kriteria untuk memasukkan jurnal ke database mereka dan mereka mengikutinya bahkan jika jurnal itu diterbitkan oleh master mereka sendiri.

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment