Masalah apa yang Anda temui ketika Anda membaca jurnal akademik?

Secara alami, artikel jurnal akademik sangat padat informasi. Kadang-kadang perlu untuk mendekonstruksi kalimat menjadi ide-ide bijaksana untuk menemukan maknanya.
Teknik lain adalah membaca artikel dan mengabaikan angka. Cari gambaran besarnya dulu, lalu baca ulang untuk detailnya.
Terakhir, cetak artikel atau gunakan program anotasi PDF dan sorot frasa penting, buat catatan tentang konsep atau kata yang tidak Anda kenal. Jika itu adalah artikel yang ingin saya pahami secara mendalam, dan bukan sesuatu yang saya baca dengan santai, saya mencoba membaca semua referensi untuk membangun fondasi untuk meletakkan pengetahuan baru.
Satu-satunya masalah yang saya miliki adalah ketika saya tidak melakukan hal-hal ini.

Masalah yang saya kaitkan dengan jurnal akademik sering kali berkaitan dengan relevansi, keterbacaan, dan aksesibilitas.

Relevansi. Standar untuk publikasi sangat bervariasi. Seringkali, jurnal tidak lebih dari klub penerbitan untuk akademisi. Beberapa jurnal memiliki kriteria publikasi yang ketat, sementara yang lain tidak.

Aksesibilitas. Saya akan mengatakan masalah terbesar berkaitan dengan aksesibilitas. Dinding pembayaran adalah masalah yang dapat diatasi dengan menawarkan pratinjau yang panjang. Pemformatan PDF sangat bagus untuk diunduh, tetapi teknologi browser saat ini masih menghambat aksesibilitas web (atau setidaknya kemudahan penggunaan).

Keterbacaan. Jurnal akademik biasanya ditulis dan diedit tanpa memperhatikan keterbacaan. Ini sebagian besar merupakan masalah sumber daya: jurnal tidak punya waktu/uang untuk membayar jenis pengeditan itu. Dan dengan sebagian besar mata pelajaran teknis, itu akan sia-sia.

Meskipun benar bahwa jurnal akademik memiliki masalah relevansi, aksesibilitas, dan keterbacaan, intinya adalah bahwa tujuan mereka biasanya untuk menyampaikan ide dan informasi, bukan bacaan yang menyenangkan dan cepat.

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment