Apa hal terkonyol yang pernah Anda baca dalam artikel jurnal akademik?

“Jika dalam uraian ini saya telah memasukkan beberapa detail yang mungkin bisa dihindari, itu karena saya melihat diri saya dibatasi untuk menghilangkan kesalahan tak termaafkan yang terkandung dalam publikasi oleh Mr. S. Roth.” Ini memulai catatan kaki, berjalan lebih dari tiga halaman, menjelaskan dengan tepat betapa mengerikannya ilmuwan miskin Santiago Roth. Nilai intrinsik karyanya adalah absolument nulle. Ini akan membutuhkan tiga atau empat kali panjang kertas Roth untuk memperbaiki semua kesalahpahamannya (panjang heroik dari catatan kaki memberikan awal yang baik). Kadang-kadang bahkan tidak mungkin untuk mengetahui kelompok hewan apa yang dibicarakan Roth. Catatan kaki diakhiri dengan nasihat lembut kepada Roth untuk menjaga hal-hal yang benar-benar dia ketahui dan untuk “meninggalkan pekerjaan-pekerjaan yang sama sekali tidak dia persiapkan”. (A. Mercerat, 1899. Anales del Museo Nacional de Buenos Aires (2) 4:1–22.)

Paleontologi Argentina sekitar tahun 1900 adalah bidang yang penuh dengan perselisihan pribadi yang penuh gairah dan intens. Beberapa ahli paleontologi (Alcides Mercerat, Florentino Ameghino, Santiago Roth, Carlos Burmeister, dan lainnya) menemukan banyak fosil baru, tetapi tampaknya menghabiskan waktu yang hampir sama untuk saling menyerang. Makalah Mercerat yang saya kutip di atas menggambarkan spesies baru mamalia fosil, di samping masalah yang lebih penting untuk menceritakan Roth. Tetapi volume yang sama berisi catatan singkat dari Ameghino di mana dia mengumumkan bahwa spesies baru Mercerat hanyalah anak-anak dari spesies lain yang sudah lama dikenal, dan sebagai direktur Museum dia tidak bisa membiarkan kesalahan yang menyedihkan ini terjadi.

Beberapa contoh lain dari periode ini:

  1. Dalam sebuah makalah tahun 1891, Ameghino membahas spesies baru yang diduga creodont (kelompok mamalia karnivora yang telah punah) yang dinamai oleh Mercerat. Mercerat tampaknya telah mengkritiknya sebelumnya karena tidak memasukkan figur spesies barunya, tetapi di sini Ameghino membalasnya: jika saja Mercerat menyertakan sosok yang diduga sebagai creodont, siapa pun dapat mengatakan kepadanya bahwa itu hanyalah oposum biasa (Revista Argentina de Historia Natural 1(6):437–438)
  2. Pada tahun 1885, Carlos Burmeister tua secara elips mengacu pada spesies Megamys yang dinamai oleh Ameghino setelah “sus diferentes amigos personales” (berbagai teman pribadinya). Tahun berikutnya, Ameghino membalasnya dengan gaya dan menamai spesies lain Megamys setelah Burmeister (Anales del Museo Público de Buenos Aires 3:108).
  3. Roth juga tidak terlalu menyukai Ameghino. Pada tahun 1900, dia menyatakan bahwa “Siapa pun yang telah bersusah payah membandingkan kurma Ameghino dalam makalahnya yang berbeda pasti akan dikejutkan dengan gagasan bahwa mereka tidak dapat dianggap serius” (American Journal of Science (4) 9:261-266).
  4. Seharusnya, Ameghino di beberapa titik diserang karena bukan orang Argentina asli, karena orang tuanya berasal dari Italia, tetapi saya belum menemukan referensi aslinya. Ini sangat tidak adil karena Burmeister adalah orang Jerman, Roth orang Swiss, dan Mercerat orang Prancis.

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment