Apa yang dibutuhkan untuk menerbitkan jurnal akademik yang ditinjau oleh rekan sejawat?

Pertama-tama, ada lebih banyak jurnal akademis, daripada yang mungkin Anda bayangkan. Jika Anda melihat cukup hati-hati, Anda mungkin akan menemukan satu topik yang Anda pertimbangkan. Masalahnya, tidak ada yang benar-benar ingin mempublikasikan di jurnal yang buruk (tidak begitu populer).

Bagaimanapun mari kita asumsikan, Anda masih ingin membuat jurnal akademik baru. Pertama-tama, tidak ada persyaratan dan tidak ada proses standar. Anda cukup membuat situs web dan mengundang peneliti untuk mengirimkan makalah kepada Anda.

Masalah pertama yang akan Anda temui adalah tidak ada yang benar-benar ingin mempublikasikan di jurnal baru. Peneliti ingin karyanya dilihat dan dikutip, oleh karena itu, semakin besar dan terkenal jurnal tersebut, maka semakin menarik minat peneliti. Jika Anda baru, Anda hampir gagal (kecuali, tentu saja, Anda sudah menjadi penerbit besar dan baru saja membuat jurnal baru untuk topik yang sangat spesifik).

Sekarang, katakanlah, Anda mendapatkan situs web Anda dan secara ajaib Anda menerima makalah pertama Anda yang akan diterbitkan. Sekarang, Anda dapat meletakkannya di situs web Anda (atau jurnal kertas Anda) dan senang dengan itu. Sebenarnya, itu tidak akan ditinjau oleh rekan sejawat, jadi tidak ada yang akan mempercayainya dan mengutipnya. Jurnal besar meminta peneliti lain dari lapangan untuk melakukan peer-review secara gratis (atau untuk keringanan biaya). Anda tidak akan memiliki hak istimewa ini, Anda harus membayar seseorang untuk meninjau makalah pertama (lebih seperti seratus pertama) yang Anda terima. Celahnya adalah, jika Anda sedang mengerjakan bidang baru (dengan demikian alasan untuk membuat makalah baru) dan Anda sudah memiliki selusin peneliti untuk bidang baru ini, Anda dapat meminta mereka untuk melakukan peer-review. Jika Anda seorang diri, Anda pasti akan gagal, kecuali jika Anda dapat menginvestasikan banyak uang.

Katakanlah Anda memiliki dewan peninjau sejawat (berbayar atau tidak) dan katakanlah, kemungkinannya menguntungkan Anda, dan Anda memiliki beberapa kertas (kualitas sangat buruk). Jika proses peer-review Anda baik dan Anda dapat menginvestasikan waktu (uang) untuk mengedit draft yang ditulis dengan buruk ini, Anda akan memiliki volume pertama jurnal Anda.

Sekarang, jurnal Anda masih akan dianggap kualitas super rendah, kecuali jika Anda terindeks oleh ISI Web of Science. Anda dapat membaca artikel ini untuk memahami bagaimana Anda bisa membuat jurnal Anda diakui: Proses Seleksi Jurnal Thomson Reuters .

Untuk meringkas:
Pada dasarnya, pikirkan, bagaimana Anda membuat situs web untuk berita biasa? Perbedaan utama adalah bahwa alih-alih membayar jurnalis berita untuk pekerjaan mereka, Anda harus meminta peneliti untuk menerbitkan karya mereka secara gratis dan Anda harus membayar (setidaknya pada awalnya) kepada peer-reviewer.

Nah, jika Anda perlu bertanya maka Anda mungkin tidak berada di jalur yang baik. Jika motivasi Anda adalah:

  1. Demi keuntungan maka persaingan yang ada misalnya dari Hindawi mungkin sulit dikalahkan. Sekarang akses terbuka sudah mapan tetapi Anda dapat mencoba bersaing dengan harga, $ 1000 untuk “Biaya Pemrosesan Artikel” keterlaluan mengingat Facebook dan lainnya membuat barang ini gratis.
  2. Untuk sains maka Anda perlu memiliki orang yang bersedia mengirimkan ke jurnal Anda. Jadi, Anda membutuhkan teman terlebih dahulu yang memiliki kepercayaan pada Anda.

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment