Apa kekurangan dari proses dan standar publikasi akademik? Bagaimana kita dapat meningkatkan prosesnya?

Proses publikasi akademik adalah proses abad ke-19
yang tidak berskala dan tidak sesuai dengan ukuran komunitas sains dan volume informasi dalam penelitian abad ke-21.

Saya setuju dengan kekurangan yang tercantum dalam pertanyaan dan saya pikir
masalah sebenarnya lebih dalam. Publikasi adalah jantung dari organisasi penelitian ilmiah berskala besar dan sistem ini sebagian besar rusak.

Pertama, ekonomi penerbitan: penerbit jurnal akademik adalah
organisasi parasit yang tidak menambah nilai dan mengambil keuntungan dengan mendirikan penghalang buatan terhadap informasi. Ada diskusi yang hidup tentang ini di blog Tim Gowers dan hampir 15.000 akademisi bergabung dalam boikot Elseveir: The Cost of Knowledge.


Hasil penelitian harus terbuka untuk semua orang di internet.
Penelitian umumnya didanai dengan dana publik dan pengulas tidak dibayar.

Biaya menyiapkan jurnal elektronik pada dasarnya nol, jadi
komunitas ilmiah tampaknya mampu mengubah sistem publikasi ilmiah, tetapi ironisnya, komunitas risetlah yang paling terbelakang. Gangguan terhadap sistem cacat yang ada bertentangan dengan kepentingan petahana yang kuat. Editor jurnal, misalnya,
adalah ahli di bidang yang biasanya ilmuwan tingkat kedua. (Orang-orang terbaik tidak menghabiskan waktu mereka untuk mengedit jurnal.) Mereka cerdik secara politik dan memiliki banyak kekuasaan di masyarakat.
Penyimpangan: Administrator hibah biasanya adalah ilmuwan tingkat 3 yang memiliki kekuatan lebih.

Saya berharap suatu hari nanti hasil penelitian akan tersedia secara bebas di internet. Pertanyaannya kemudian menjadi: apa nilai penerbitan?
hasil jurnal?
Hanya ada 2 alasan yang bisa saya pikirkan:

  1. Mengiklankan karya tersebut kepada audiens tertentu.
  2. Memperoleh stempel persetujuan yang digunakan untuk promosi di bidang akademik.
    Poin kedua jauh lebih penting daripada yang pertama dan merupakan alasan utama
    untuk distorsi dalam akademisi. Ini ada hubungannya dengan ulasan anonim dan kekuatan editor jurnal.
    Sistem yang lebih baik harus terbuka dan harus menggabungkan banyak fitur yang sudah ada di sistem ulasan komersial, seperti amazon, tripadvisor, dll.
    Ada beberapa ide bagus di
    Jawaban Inna Vishik untuk Bagaimana sistem peer review dapat ditingkatkan?
    Tapi saya menyarankan untuk melangkah lebih jauh. Di dunia online yang bebas dan terbuka editor jurnal menjadi kendala yang berlebihan yang harus dihilangkan.
    Ulasan dapat dikirimkan secara anonim, tetapi akan sangat meningkatkan sistem jika pengulas memiliki opsi untuk mempublikasikan ulasan mereka atas nama mereka sendiri di samping makalah. Ini akan menciptakan kelas orang yang akan membuat
    karir menghasilkan ulasan yang berharga. Saya berpendapat bahwa ini juga akan meningkatkan kualitas ulasan anonim karena untuk menjadi berpengaruh ulasan ini harus mengeluarkan argumen yang dipikirkan dengan sangat baik yang bertentangan dengan konsensus.

Dalam sistem online terbuka, paper tidak lagi menjadi objek statis yang tetap. Itu dapat berkembang dengan penambahan versi baru, kontribusi pengulas dan tanggapan penulis. Ini pada dasarnya adalah sistem dokumentasi untuk proyek penelitian. Fakta bahwa komunitas ilmiah tidak mampu merangkul teknologi semacam itu, untuk berinovasi, mereformasi dan menata ulang, adalah akibat langsung dari birokrasi pusat dan kurangnya insentif komersial.

Saya yakin lebih banyak ide bagus yang bisa dihasilkan. Ini baru permulaan.
Sistem harus terbuka dan sinar matahari harus masuk untuk membersihkan sarang laba-laba.

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment