Apa konvensi kepengarangan untuk publikasi akademik di bidang Anda?

Di bidang Kimia/biokimia saya, kepengarangan biasanya ditentukan sebagai berikut:

Penulis pertama umumnya adalah individu (biasanya mahasiswa pascasarjana atau pascadoktoral) yang benar-benar melakukan sebagian besar karya eksperimental yang menjadi dasar publikasi.
Individu yang mengarahkan penelitian dan persiapan naskah dicantumkan terakhir, dan ditunjuk sebagai “penulis yang sesuai” – yaitu, penulis yang berinteraksi dengan jurnal selama proses pengiriman, tinjauan dan publikasi, dan orang sebagai pembaca disarankan untuk menghubungi jika mereka memiliki pertanyaan atau komentar tentang pekerjaan. Lebih dari satu penulis dapat ditunjuk sebagai Penulis Korespondensi, jika itu adalah proyek kolaboratif yang melibatkan banyak PI, tetapi penulis yang disebutkan terakhir dianggap sebagai pendorong intelektual utama penelitian.
Penulis lain (“penulis tengah”) dicantumkan di antaranya, biasanya dalam urutan besarnya atau pentingnya kontribusi mereka terhadap karya tersebut.
Penulis yang sesuai membuat keputusan akhir berdasarkan urutan daftar penulis.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak jurnal diperbolehkan untuk menunjuk dua atau tiga penulis junior sebagai kontributor yang setara, biasanya ditunjukkan dengan catatan kaki untuk efek itu, memungkinkan publikasi untuk memiliki dua atau tiga individu yang dianggap sebagai “penulis pertama”. Kepengarangan dalam posisi apa pun (setidaknya secara nominal) disediakan untuk individu yang memberikan kontribusi intelektual yang signifikan terhadap karya tersebut. Orang-orang yang melakukan pekerjaan teknis atau analitis standar yang tidak memerlukan masukan intelektual yang signifikan khusus untuk proyek yang bersangkutan umumnya berterima kasih di bagian Ucapan Terima Kasih, seperti juga individu yang memberikan saran atau bantuan yang bermanfaat tanpa terlibat secara substansial dalam pekerjaan.

Sebagai seorang mahasiswa atau peneliti pascadoktoral, makalah penulis pertama dianggap sebagai ukuran utama produktivitas dan kemampuan, karena kontribusi praktis atau intelektual penulis menengah untuk pekerjaan itu, meskipun penting, bisa sangat kecil. Beberapa jurnal sekarang meminta para penulis untuk memberikan perincian spesifik dari kontribusi yang diberikan oleh masing-masing penulis yang disebutkan namanya pada karya tersebut.

Yang penting, diasumsikan (dan kadang-kadang secara eksplisit disertifikasi) bahwa semua penulis setuju dengan isi seluruh publikasi, membuat semua penulis secara bersama-sama dan secara terpisah bertanggung jawab atas keakuratan dan kebenaran semua aspek publikasi.

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment