Apakah jurnal akademik menjadi bisnis?

Jurnal akademik telah menjadi bisnis sejak lama. Saya yakin bahwa secara historis pasti ada saat ketika ini tidak terjadi, tetapi banyak (kebanyakan?) penerbit mencari keuntungan. Lainnya, yang dijalankan oleh organisasi ilmiah (misalnya American Society of Microbiology), dapat dijalankan bukan untuk entitas laba tetapi masih perlu menutupi biaya operasi mereka, yang cukup besar. Akibatnya, artikel jurnal membutuhkan biaya untuk diterbitkan. Tergantung pada jurnalnya, penulis mungkin membutuhkan $2500–3500 USD untuk menerbitkan makalah.

Belum lama ini jurnal disebarluaskan terutama dalam bentuk cetak melalui model berlangganan yang dibayar baik oleh perorangan maupun perpustakaan di lembaga akademik. Ini semakin memberi jalan kepada model campuran di mana Anda memiliki opsi untuk berlangganan versi cetak, dan versi online, atau keduanya. Dan dengan meningkatnya dorongan model Akses Terbuka, yang bertujuan untuk membuat makalah tersedia secara online untuk umum, banyak penerbit sekarang membuat makalah mereka tersedia secara bebas, kadang-kadang setelah embargo 6 atau 12 bulan. Yang lain masih menyimpan surat-surat mereka di balik tembok pembayaran. Tapi ini tampaknya menurun.

Selain itu, lanskap telah mengalami perubahan tambahan belakangan ini:

Menjamurnya penerbit-penerbit predator yang tidak hanya jelas-jelas mencari keuntungan, tetapi juga beroperasi pada model bisnis yang bergantung pada pembuatan makalah sebanyak mungkin tanpa banyak kontrol kualitas dalam hal tinjauan sejawat dan standar editorial. [Ini sejalan dengan penyelenggara konferensi predator: haruskah saya diundang sebagai pembicara di konferensi Kardiologi ketika saya seorang ahli mikrobiologi? Ya, saya juga tidak berpikir begitu].
jurnal akademik berkaliber tinggi yang secara eksklusif memproduksi konten online dan tanpa versi cetak
jurnal yang berfokus pada bentuk konten baru: deskripsi kumpulan data akses terbuka, hasil negatif, dll.
meningkatnya penggunaan oleh komunitas ilmiah dari server pra-cetak seperti arXiv dan biorXiv
:: banyak penerbit ilmiah adalah bisnis yang mencari keuntungan. Ini bukan hal baru. Tapi ada penerbit predator yang ada di dalamnya semata-mata untuk menghasilkan uang tanpa memperhatikan standar ilmiah.

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

Prolingua.co.id adalah penyedia jasa Translate dan Proofreading Jurnal, Conference Proceeding, Thesis, Disertasi. Kami sudah banyak membantu dosen dan mahasiswa S2/S3 baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk mempublikasikan paper dalam publikasi ilmiah. Kontak kami di WA sebelah kanan bawah.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment